Objek Wisata di Palangka Raya

Kota Palangka Raya yang merupakan ibukota dari Provinsi Kalimantan Tengah memiliki beberapa tempat wisata yang dapat menjadi tujuan anda apabila ingin berlibur di kota yang dibangun pada tahun 1957 ini.

Selain objek wisata yang sudah ada lama, terdapat juga objek wisata baru yang menambah daftar objek wisata yang ada di kota Palangka Raya. Berikut daftar objek wisata yang ada di Palangka Raya :


1. Pesona Alam Lestari (PAL)

Objek wisata ini tergolong objek wisata baru. Berada di Kereng Bangkirai berjarak dari bundaran kecil sekitar 13 Km. Pesona Alam Lestari berdekatan dengan objek wisata lainnya Pelabuhan Kereng Bangkirai. Sesuai dengan namanya objek wisata ini menawarkan pemandangan dan nuansa alam yang memanjakan mata anda.

Objek wisata pesona alam lestari
objek wisata pesona alam lestari

2. Desa Wisata Sei Gohong, Bougenville Villa Tangkiling

Berjarak 34,5 Km dari kota Palangka Raya, desa wisata sei gohong menambah daftar objek wisata baru yang ada. Objek wisata ini menawarkan wisata sungainya dengan pemandiannya yang khas dengan bebatuannya.

desa wisata sei gohong
Objek wisata sei batu, sei gohong
Selain itu sekitar objek wisata ini terdapat penginapan/villa dengan nama Bougenville Villa. Anda dapat menikmati pemandian pemandian di sei batu sekaligus menginap dengan fasilitas yang tersedia. Bougenville Villa Sei Gohong penginapan ekslusif dengan nuansa alam modern, pengelola menyediakan 15 unit villa. Terdapat 3 pilihan harga, 250.000/malam, 300.000/malam dan 350.000/malam. Fasilitas kamar diantaranya AC, Televisi 32", Channel Parabola, Mini Bar, Water Boiler, Room Service, Shower/Shower Box.

Sementara itu fasilitas umum yang disediakan Kolam renang goa anak, aneka alat permainan, sepeda, sepeda air bebek, mini room gym, perpustakaan, rumah pohon, dermaga pemancingan & alat pancing, barbeque kitchen, karaoke keluarga, gazebo untuk keluarga/rapat, kursi & meja rapat untuk 40 orang, proyektor & layar proyektor.

Untuk reservasi / pemesanan villa anda bisa menghubungi 0813 5140 4655. Bagi anda yang ingin menikmati suasana alam sambil berlibur, tempat ini cocok. Dengan jarak yang tidak begitu jauh dari kota Palangka Raya.

Bougenville Villa palangka raya
Bougenville Villa

Bougenville Villa palangka raya
Bougenville Villa

Bougenville Villa palangka raya
Bougenville Villa


Bougenville Villa palangka raya
Bougenville Villa

Bougenville Villa

Bougenville Villa palangka raya
Bougenville Villa
Sebagai catatan, di kota Palangka Raya tidak ada objek wisata pantai. Ada beberapa situs wisata yang menyebutkan wisata pantai ujung pandaran merupakan objek wisata di Palangka Raya. Padahal pantai Ujung Pandaran berada di kabupaten Kotawaringin Timur.

3. Wisata Susur Sungai

Kota Palangka Raya dilintasi oleh sungai besar yaitu Sungai Kahayan. Dengan adanya sungai ini, Pemerintah kota memanfaatkannya sebagai salah satu sarana rekreasi. Anda dapat menikmati pemandangan sepanjang sungai kahayan dari atas perahu. Susur sungai merupakan salah satu wisata pilihan oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Perahu wisata yang digunakan untuk Susur Sungai yang diberi nama Rahai’i Pangun ini, merupakan perahu wisata yang dibuat dengan konseptradisionil-modern (hasil rancangan pembuat perahu lokal dan arsitek kapal dari perancis). Perahu wisata ini memiliki 5 (lima) dobel kabin yang terletak di bawah dek dengan 3 (tiga) kamar mandi (western style) yang sangat nyaman.

Dek tengah di bagian belakang dengan dapur, ruang makan, dan tempat duduk yang dilengkapi dengan perpustakaan dan snack-bar. Dek atas dengan atap terpaulin, kursi lipat dan sofa rotan untuk bersantai dan melihat keunikan sungai di Kalimantan Tengah. Kapal wisata ini melayani berbagai paket wisata seperti, paket liburan keluarga, jamuan makan siang, pesta ulang tahun, pertemuan/rapat, dll. Terdapat 4 (empat) rute wisata susur sungai yang ditawarkan, yaitu:

Rute Pemancingan (lokasi Danau Tundai, Sungai Rungan dan sekitarnya)
Rute Wisata, atraksi burung elang (lokasi Sungai Kahayan)
Rute Wisata Orang Utan (lokasi Pulau Kaja Tangkiling)
Rute Wisata Pilihan (lokasi Bukit Rawi-Sandung Tmg. Surapati; lokasi pulau monyet, dll.)

4. Arboretum

Arboretum Nyaru Menteng terletak di Jalan Tjilik Riwut Km 28 dari Kota Palangka Raya menuju Kota Sampit. Secara administratif terletak di wilayah Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu. Arboretum ini dibangun pada tahun 1988 merupakan bekas areal HPH yang telah dieksploitasi pada tahun 1974.

Luasnya 65,2 Ha, merupakan kawasan pelestarian plasma nuftah ekosistem hutan rawa, termasuk ke type hutantropika dataran rendah dengan kondisi tanah berawa dan bergambut. Di Arboretum ini terdapat berbagai jenis tumbuhan yang dapat digolongkan kedalam 43 famili dengan jumlah species 139 jenis, termasuk jenis tumbuhan langka. Disamping itu, di kawasan ini juga terdapat berbagai jenis burung, biawak, ular, monyet dan juga orangutan.

lihat juga : Sejarah Kota Palangka Raya

5. Kum Kum 

Tempat wisata ini berada tidak terlalu jauh dari pusat Kota Palangka Raya, dengan menggunakan kendaraan roda 2 atau 4 hanya ditempuh dalam waktu kurang dari 10 menit sudah sampai di lokasi wisata ini. Wisata ini cocok sekali bagi mereka yang sudah berkeluarga karena disediakan pondok-pondok peristirahatan sambil menikmati suasana alam di tepian Sungai Kahayan.

Di dalam lokasi kum-kum ini, selainterdapat beberapa jenis binatang seperti buaya, beruang, monyet dan beberapa jenis burung, juga terdapat beberapa permainan untuk anak-anak, dan pada hari-hari libur ditambah dengan suguhan pertunjukan hiburan musik oleh artis lokal Kota Palangka Raya.

6. Batu Banama, Taman Alam Tangkiling 

Terletak sekitar 34 Km dari pusat kota menuju arah Sampit. Berada di Tangkiling Bukit Batu. Salah satu tempat wisata yang tertua di Palangka Raya.

Obyek wisata Batu Banama ini selain menawarkan panorama alam yang indah juga bisa dikategorikan sebagaiwisata yang mengandung relegius, karena pada lokasi areal wisata ini terdapat Pura Agung Sali Paseban/SatyaDharma. Disamping itu legenda mengenai terjadinya batu banama itu sendiri yang dilihat dari samping mirip seperti sebuah bahtera yang terdampar.

0 comments

Posting Komentar